Petualangan Sejati

Wahana Hiburan, Informasi, dan Edukasi

  • ALMANAK

    June 2008
    M T W T F S S
         
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    30  
  • MENU

  • GUDANG

  • asah

Persatuan Islam adalah mimpi buruk Amerika (Noam Chomsky).

Posted by andriesdwiputra on June 8, 2008

Suatu pekerjaan yang tidak produktif apabila kita masih tersibukkan dengan diskusi-diskusi pencarian kebenaran dan mencari pembenaran atas pemikiran-pemikiran yang kita banggakan. Karena sejak dahulu kala hingga kapan pun nantinya, kita tidak menemukan hasil yang konkret dari kebiasaan tersebut. Apalagi yang dipertentangkan adalah sesuatu yang telah sama-sama kita ketahui, mulai dari masalah sunnah dalam shalat bahkan hingga masalah demokrasi yang secara tersurat tidak ada dalam sejarah islam.

Namun sesuatu yang harus disadari bahwa kita sudah sangat jauh tertinggal dari kemajuan zaman yang selalu disodorkan peradaban Barat, dan tidak ada waktu lagi bagi kita untuk terus dan selalu mempermasalahkan sesuatu yang membuat kita terus maju kebelakang. Inilah yang perlu difahami, bahwa musuh diluar lebih besar bahayanya daripada permasalahan didalam tubuh Islam itu sendiri, yang mana segala perbedaan itu sebenarnya dengan pemikiran terbuka bisa kita maklumi dan diselesaikan secara bersama-sama.

Perbedaan merupakan suatu hal yang lumrah dan wajar dimiliki setiap makhluk ciptaan Allah dimuka bumi ini, kita coba melirik kembali masa-masa kejayaan Islam, bukan tidak mengalami berbagai perbedaan dan pertentangan di antara para sahabat-sahabat nabi itu sendiri, tetapi bukan berarti karena adanya perbedaan tersebut tidak memungkinkan terciptanya suatu persatuan dan kesatuan Islam pada saat itu, bahkan kita bisa melihat masa-masa kejayaan Islam berkembang dan berjaya hingga menguasai dua pertiga kehidupan di muka bumi ini.

Saya tidak mau mempermasalahkan setiap kerja-kerja dakwah yang terus dan selalu dilakukan setiap elemen gerakan dakwah dalam pembaharuan islam saat ini. Kita harus konsisten dan tetap profesional dalam ranah kerja dakwah kita masing-masing, selama itu berlandaskan pada syari’at (Al-Qur’an dan As-Sunnah). Hanya saja yang terpenting kita fahami adalah bahwa islam akan bangkit dengan kerja-kerja jamaah, tetapi bukan sebatas satu jamaah saja. Oleh karena itu, proses komunikasi yang baik dari masing-masing jama’ah dakwah harus tetap dijalin terlebih dalam hal silaturrahim. Inilah yang perlu dibudayakan dan terus dijaga kelestariannya apabila kita menginginkan kejayaan Islam hadir dimuka bumi ini.

Namun ada beberapa hal yang perlu dikoreksi dari setiap jama’ah dakwah agar proses komunikasi yang dijalin senantiasa membuahkan kekuatan dalam tubuh Islam itu sendiri, beberapa hal tersebut yaitu: (1) Tindakan yang tidak mengakui kebenaran pendapat kelompok dakwah yang lain, (2) Sibuk mempersoalkan masalah-masalah kecil dan melupakan masalah-masalah besar, terutama menyangkut rekayasa barat dalam menghancurkan ummat ini. (3) Berdebat dengan pendekatan yang kasar, atau tidak membudayakan sikap dan sifat rasulullah dalam hal mendahulukan lawan bicara sampai selesai. Setidaknya ketiga hal tersebut merupakan langkah awal apabila kita menginginkan suatu persatuan dalam lingkaran Islam (ini menurut hemat saya).

Kepanjangan yah, maklum, urusan ummat kudu ditanggapi dengan serius. Oh iya, ini aku tulis berangkat dari berbagai fenomena yang ada di Indonesia saat ini, khususnya ketika saya mendapat sebuah milist terkait “kontroversi kejadian monas”. Dari dulu saya sangat yakin dengan sebuah pemikiran yang dikaji oleh barat, bahwa untuk memecah belah Islam tidak akan bisa dengan perlawanan secara eksternal, tetapi hanya bisa dilakukan dari dalam tubuh islam itu sendiri. Ini pula yang dimanfaatkan lawan-lawan islam terutama kelompok-kelompok yang bersifat sekuler dan liberal.

Nah, hal inilah yang sangat-sangat jarang direnungi dan difahami oleh ummat islam Indonesia saat ini, terbukti dengan mudahnya mereka diprovokasi oleh pihak-pihak yang menginginkan agar Islam jangan pernah bersatu.

From:

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: